Hati-Hati Resep Jamu Indonesia Gampang Dicuri

https://www.nasionalindonesia.com/index.php/2018/08/25/hati-hati-resep-jamu-indonesia-gampang-dicuri/
Hati-Hati Resep Jamu Indonesia Gampang Dicuri. Resep jamu Indonesia rentan dicuri pihak lain yang tak bertanggung jawab. Balitbang Kementerian Kesehatan mencatat, hanya 11 resep jamu Indonesia yang sudah dipatenkan atas nama pemerintah. Resep ini selanjutnya bisa disebarkan pada masyarakat melalui kerja sama dengan pihak swasta.

“Tak mudah membuktikan kebenaran resep jamu dari sekitar dua ribu jenis tanaman,” kata Kepala Balitbangkes Siswanto, Jumat (24/8).

Resep jamu yang mendapat paten telah terbukti kebenaran khasiatnya melalui serangkaian uji. Angka tersebut mengindikasikan, kurang dari satu persen dari 6 ribu resep jamu yang berhasil diuji secara keilmuan.

Resep jamu Indonesia umumnya diperoleh secara turun temurun dalam masyarakat. Orang Indonesia terbiasa minum jamu sesuai resep atau memodifikasi sesuai keperluan.

Siswanto mengatakan, pembuktian satu resep perlu waktu minimal lima tahun. Dalam kurun waktu tersebut, resep melalui uji klinis dan non klinis untuk mengetahui komposisi aslinya. Uji klinis dilakukan pada manusia sedangkan non klinis pada subyek riset, misal hewan. Saking terbiasanya, tak pernah terpikir jika resep tersebut bisa diakui pihak lain tanpa paten.

Meski sulit, saat ini proses paten dan saintifikasi jamu terus berlanjut. Jamu yang sudah dipatenkan tak sekadar menjaga, tapi juga mengobati penyakit. Tentunya penyakit tersebut tak terlalu kompleks, misal gangguan lambung (dispepsia), hipertensi, asam urat dan radang sendi.

Comments

Popular posts from this blog

Pelari Maraton Jepang Mendapat mendali Emas, Indonesia Gagal Finis

Kencur, Rahasia Kesehatan Menkes

Akhir tahun 2018, Beras Organik Sudah Mulai Untuk di Ekspor